Potensi Wisata di Kota Semarang

tugumudaKota Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah adalah sebuat kota yang strategis. Memiliki Pelabuhan “Tanjung Emas” yang sangat terkenal sejak jaman Belanda membuat Semarang adalah sebuah kota ideal yang menjadi gerbang masuk menuju kota-kota lain di wilayah Jawa Tengah. Hal ini menjadikan kota semarang lebih berfungsi sebagai kota transit dibandingkan dengan kota wisata. Padahal semarang banyak sekali menyimpan sejarah dan tempat unik yang bisa dinikmati.

Nilai kearifan lokal diantaranya bangunan lama dan bangunan religius adalah potensi wisata yang bisa dikembangkan menjadi obyek wisata yang menarik. Dengan letak geografis di tepi pantai di daerah bawah dan perbukitan di bagian atas menjadikan semarang sebagai kota yang unik dan mempunyai kekhasan yang tidak dimiliki daerah lain. Pemandangan kota yang indah dengan komposisi wilayah perkotaan dan daerah pinggiran pantai dapat kita lihat jelas dari gombel. Wisata kuliner yang memikat dan nikmat dapat kita temui hampir di seluruh pejuru di semarang. Beberapa tempat sejarah yang layak dikunjungi adalah : Tugu Muda, Lawang Sewu, Museum Ronggowarsito, Musium Mandala Bakti. Pemandangan alam yang indah dapat pula dinikmati antara lain Goa Kreo, Agro Wisata Sodong dan Kampung Wisata Taman Lele.

Satu lagi yang dikembangkan adalah kawasan banjir kanal barat. Kawasan yang telah selesai dibangun ini merupakan salah satu destinasi wisata sungai yang menarik. Bermula dari Tugu Suhargo sebagai tempat religius yang digunakan sebagai tempat ritual pada malam 1 syuro, berlanjut ke pleret sampai kepada muara sungai memiliki potensi yang berbeda-beda. Disepanjang bibir kanal daerah sekitar pusponjolo dan bayudewo dibangun jogging track panjang yang bisa dimanfaatkan oleh warga semarang sebagai tempat olah raga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>